Kamis, 01 Oktober 2020

Guru Berbagi

Di era pandemi dimana dunia pendidikan sebagai salah satu aspek terdampak tidak membuat para pendidik menjadi mati gaya, tetapi sebaliknya semakin mendorong pendidik untuk berlomba-lomba menambah dan mengasah pengetahuan serta kemampuannya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai sehingga dapat digunakan dalam kondisi saat ini.

Sudah banyak webinar dan kegiatan pelatihan secara virtual yang telah digagas dan diikuti para pendidik sebagai bentuk nyata usaha meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya. Semua itu dilakukan untuk mendukung keterlaksanaan program Belajar dari Rumah yang dicanangkan pemerintah guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Dari kegiatan virtual conferrence tersebut tentunya banyak pengetahuan baru yang didapat, mulai dari penyusunan RPP selama kegiatan Belajar dari Rumah(BdR) baik secara daring maupun luring, membuat kelas maya untuk pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai platform hingga penyusunan dan pembuatan materi pembelajaran berupa video yang bisa diakses secara online oleh siswa dimana dan kapan saja melalui channel Youtube.

Dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang telah dimiliki, para pendidik diharapkan bisa saling berbagi sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan sesama pendidik. Guru Berbagi sebuah program Kemendikbud dapat menjadi alternatif pilihan bagi para pendidik. Sebagai salah satu wadah untuk menampung sekaligus berbagi ide dan praktik baik dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadikannya patut untuk dikunjungi. Dalam keterangannya yang di muat di republika.co.id, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengatakan sedikitnya 3.426.658 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diunduh melalui laman Guru Berbagi. Hal ini menunjukkan adanya sambutan yang baik dari pendidik bahwa keberadaan Guru Berbagi memang dibutuhkan.



Untuk melihat salah satu contoh RPP yang dibagikan di Guru Berbagi silahkan klik  disini

Guru Berbagi yang dapat di akses melalui laman https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/  dengan menggunakan akun SIMPKB atau SIMPATIKA, menjadi salah satu tempat dimana pendidik dapat memanfaatkan waktu belajar bersama-sama secara produktif dan kreatif serta bahu membahu saling memberikan semangat positif sesuai dengan tujuan peluncuran Guru Berbagi.



#Berani Kepo Itu Luar Biasa
#Semangat Belajar Nge-Blog
#Blog Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar